Wednesday, October 16, 2013

Rangkuman Biologi : Sistem Gerak

Sistem Gerak
( Rangka )

RANGKA
1)    Berdasarkan susunan, rangka dibedakan menjadi :
a.    Aksial
v  Tengkorak
Bagian kepala
Tulang dahi, tulang pariental, tulang kepala belakang, tulang baji, tulang tapis, dan tulang pelipis.
Bagian muka
tulang rahang atas, tulang rahang bawah, tulang pipi, tulang langit-langit, tulang hidung, tulang air mata, dan tulang lidah.
v  Bagian badan
Tulang Belakang
Tulang Dada ; terdiri dari 3 bagian, yaitu hulu ( manubrium ), badan, dan taju pedang ( xiphoid processus ).
Tulang rusuk ; terdiri dari 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.http://www.jessicacindy97.blogspot.com
Gelang bahu dan gelang panggul ; terdiri dari tulang selangka ( klavikula ) dan tulang belikat ( skapula ). Gelang panggul terdiri dari tulang usus ( ilium ) , tulang duduk ( ischium ), dan tulang kemaluan ( pubis ).

b.    Apendikular
v  Anggota gerak atas
Meliputi tulang lengan atas ( humerus ), tulang hasta ( ulna ), tulang pengumpil ( radius ), tulang pangkal tangan ( karpus ), tulang telapak tangan ( metakarpus ), dan jari tangan ( falang ).
v  Anggota gerak bawah
Meliputi tulang paha ( femur ), tulang tempurung lutut ( patella ), tulang betis ( fibula ), tulang kering ( tibia ), tulang pangkal kaki ( tarsal ), tulang telapak kaki ( metatarsus), dan tulang jari kaki ( falang ).

2)    Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi :
a.    Tulang pipa
Berbentuk seperti pipa, yaitu bulat, memanjang, dan bagian tengahnya berlubang. Contohnya tulang lengan, tulang paha, tungkai, dan ruas-ruas tulang jari.
Tulang pipa dibagi menjadi 3 bagian :
Epifisis ; kedua ujung yang bersendian dengan tulang lain.
Diafisis ; bagian tengah
Cakra epifisis ; antara epifisis dan diafisis

b.    Tulang pipihhttp://www.jessicacindy97.blogspot.com
Berbentuk pipih, terdiri atas lempengan tulang kompak dan tulang spons.
Contohnya tulang rusuk, tulang dada, tulang belikat, tulang panggul, dan tulang dahi.

c.    Tulang pendek
Berbentuk bulat dan pendek. Contohnya adalah tulang-tulang pada pergelangan tangan, pergelangan kaki, telapak tangan dan telapak kaki, serta ruas-ruas tulang belakang.

3)    Berdasarkan jenisnya, tulang dapat dibedakan menjadi :
a.    Tulang Keras
Sel penyusunnya adalah osteosit. Matriks banyak mengandung zat kapur.

b.    Tulang rawan
Sel penyusunnya adalah kondrosit. Matriks banyak mengandung zat perekat.

4)    Hubungan antar tulang ( Artikulasi / Sendi )
a.    Sinartrosis
Adalah hubungan antara kedua ujung tulang yang direkatkan oleh suatu jaringan ikat, yang kemudian mengalami osifikasi ( penulangan ), sehingga tidak memungkinkan adanya gerakan.
Terdapat 2 jenis sinartrosis, yaitu :
Sinkondrosis ; hubungan antartulang yang dihubungkan oleh kartilago hialin.
Sutura ; hubungan antartulang yang dihubungkan oleh jaringan ikat serabut padat.

b.    Amfiartrosis
Bentuk hubungan antara kedua ujung tulang yang dihubungkaan dengan jaringan kartilago ( tulang rawan ), sehingga memungkinkan tetap adanya sedikit gerakan.

c.    Diartrosis
Adalah hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain tidak dihubungkan oleh jaringan sehingga memungkinkan terjadinya gerakan tulang secara lebih bebas.

Menurut arah geraknya, persendian dibedakan menjadi :
v  Sendi Peluru
Disebut sendi peluru karena dari hubungan dua tulang tersebut dapat terjadi gerakan ke segala arah. Hal ini disebabkan bagian bonggol sendi yang bentuknya seperti bola atau peluru masuk ke dalam cawan sendi dari tulang yang lain. Contoh : hubungan antara tulang gelang bahu dengan tulang lengan atas, dan hubungan antara gelang panggul dengan tulang paha.

v  Sendi Engsel http://www.jessicacindy97.blogspot.com
Disebut sendi engsel karena arah geraknya hanya satu arah, seperti engsel pintu. Misalnya hubungan tulang atau sendi pada siku dan pada lutut.

v  Sendi Pelana
Disebut sendi pelana karena dari hubungan dua tulang tersebut, tulang yang satu dapat bergerak ke dua arah seperti orang yang naik kuda di atas pelana. Contoh hubungan antara pergelangan tangan dan tulang ibu jari.

v  Sendi Putar
Disebut sendi putar karena dari hubungan tulang tersebut, tulang yang satu dapat berputar mengitari tulang yang lain. Misalnya hubungan antara tulang atlas dan tulang pemutar ( tulang aksis ) sehingga kepala kita dapat bergerak berputar, juga hubungan antara tulang hasta dan pengumpil.http://www.jessicacindy97.blogspot.com

v  Sendi luncur atau geser
Disebut sendi luncur karena dari hubungan antara dua tulang tersebut hanya terjadi sedikit pergeseran. Contohnya adalah sendi pada tulang-tulang telapak tangan dan telapak kaki.

v  Sendi kondiloid

Terjadi di antara dua tulang yang permukaannnya berbentuk oval. Contohnya adalah hubungan telapak tangan dan ruas jari tangan, serta pada sendi pergelangan tangan.

No comments:

Post a Comment